Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Komputer Atau Laptop Aman Dari Virus

5 Cara Mengamankan Komputer Dan Laptop Dari Virus
       
Oke sobat, lama saya tidak memposting artikel. Maklum tidak ada laptop atau komputer yang bisa dipakai jadi sekarang mau tidak mau saya sempatin tulis artikelnya lewat smartphone. Jadi mohon maklum kalau kurang rapi tulisannya. Oke,, langsung saja kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mengatasi supaya komputer/laptop kita tetap aman dari virus. Berdasarkan pengalaman saya menangani beberapa komputer custumer saya.

virus komputer

Sebenarnya cukup mudah yang perlu kita lakukan agar komputer kita tetap aman dari virus-virus.
  1. Pastikan bahwa anti virus anda selalu terupdate secara rutin minimal 1 bulan sekali. Mungkin anda akan bertanya, anti virus yang bagus itu apa?. Dan jawabannya semua anti virus itu bagus, tinggal kita harus rajin memperbarui update nya supaya ketika ada virus dengan varian baru maka anti virus anda segera dapat mendeteksinya. Tinggal anda pilih dari sekian banyak anti virus mulai dari yang free sampai yang berbayar. Pilih yang penggunaannya nyaman buat anda jadi anda tidak akan bingung mengoprasikannya. Saran saya kalau anda memakai anti virus brand Smadav versi free lebih amannya lagi anda tambahkan anti virus brand lain buat teman smadavnya karena beberapa virus hanya bisa dideteksi saja oleh smadav tapi tidak dapat membersihkannya. Kalau anti virus favorit saya si avast.
  2. Hati-hati ketika anda browsing atau jelajah ke internet. Tidak semua tautan yang ada di situs web itu aman. Makanya anda harus. Lebih berhati-hati dalam mengeklik link/download di sebuah situs web. Begitu juga dengan link yang dibagikan disosial media. Ada kalanya link tersebut telah disusupi sebuah virus. Apalagi yang berbau konten dewasa.
  3. Berhentilah mendownload file yang mencurigakan. Seperti contoh yang saya alami. Ada seorang teman FB dia mengirimkan link. Video dengan judul yang menarik begitu saya download ternyata file extensinya (jenis filenya) berupa .exe padahal seharusnya file .exe itu untuk aplikasi windows bukan video. Disitu saya mulai curiga karena seharusnya file video itu jenis filenya .3gp/mp4/avi/mkv/dll.
  4. Biasakan untuk scan dulu ketika anda memasukan removable disk (flashdisk/harddisk external/card memory/cd/dvd/dll) kenapa disini saya cantumkan cd/dvd juga. Kebanyakan orang menganggap cd/dvd itu aman dari virus. Akan tetapi kebanyakan orang lupa kalau pada saat burn/copy file kedalam cd/dvd saat komputer yang dipakai buat burn/copy telah terjangkit virus maka bepeluang juga data yang anda burn/copy ke dalam cd/dvd itu telah terserang virus.
  5. Lakukan scan komputer anda secara berkala minimal 1 minggu sekali. Oke sobat,, itulah tips yang bisa saya bagikan kepada anda supaya komputer/laptop anda tetap aman dari serangan virus. Semogga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung disini.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Komputer Atau Laptop Aman Dari Virus"