Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka File Foto Yang Error Saat Dikirim Lewat Whatsapp.

Apa penyebab file foto tidak bisa dibuka?

Ceritanya beberapa hari yang lalu saya mendapatkan pesan whatsapp dari nomor yang ada di kontak saya, dan meminta tolong agar fotonya diedit untuk keperluan tertentu. Pas begitu kubuka ternyata aplikasi galeri foto saya tidak dapat membacanya., spontan saya kaget donk. Apakah aplikasi saya error, atau mungkin malah hand phone saya yang bermasalah. Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari aplikasi pembuka foto dari pihak ketiga (bukan dari bawaan hp) di playstore, setelah download selesai sayapun langsung mengistallnya. Dan hasilnya, pas saya buka ternyata masih tetap sama. Berarti bukan dari aplikasi galeri saya yang bermasalah, langkah berikutnya dengan mencoba membukanya langsung dari aplikasi edit foto "picsart" dan ternyata bisa dibuka. Dengan semangat saya langsung mengedit fotonya sesuai permintaan lalu saya save dan ku kirim lagi ke orang yang meminta tolong tadi. 

Ternyata, begitu dibuka oleh orangnya foto hasil editan saya tadi gak bisa dibuka alias error. Dengan dipenuhi rasa penasaran ku otak-atik file gambar tersebut, permasalahan akhirnya ketemu. Penyebabnya adalah file tersebut memiliki format dengan extensi (.52). Kalau pada umumnya file foto memiliki format extensi .JPG .JPEG dan .PNG, file yang saya terima ternyata memiliki tamabahan .52 dibelakangnya (format filenya menjadi ex: image.JPG.52). Langsung saja ku cari tahu maksud dari extensi aneh tersebut dengan gugling di internet, jawabannya adalah file tersebut dikaitkan dengan Creo Elements / Pro (juga dikenal sebagai Pro / Insinyur), solusi CAD / CAM untuk Microsoft Windows, yang dikembangkan oleh PTC .

Penjelasan tentang apa itu file dengan format creo element/pro.

File Parametrik Creo adalah file objek yang menyimpan informasi tentang suatu objek. File lain yang dibuat di Creo Parametric adalah file sementara yang bergantung pada objek yang berisi informasi yang mungkin telah Anda output, atau dibuat sebagai cara cepat untuk mengambil data tanpa membuat ulang objek, seperti file .ptd untuk Family Tables.

Penjelasan sederhananya, file tersebut dibuat menggunakan aplikasi khusus CAD/CAM yang ada di komputer/laptop dengan system operasi wondows. Aplikasi CAD ini biasanya digunakan untuk mendesain gambar gedung atau project-project lain oleh para arsitek. Untuk melindungi hak cipta karya tersebut dibuatlah file dengan extensi creo yang hanya bisa dibuka dengan aplikasi khusus itu sendiri. Yang mana bila dibuka dengan aplikasi lain file akan error, atau bisa saja dibuka tapi kita tidak bisa mengeditnya atau merubahnya,

Solusi membuka file foto error (file dengan extensi .52).

1. Cara Membuka:
Jenis file ini tidak dimaksudkan untuk dibuka secara langsung, tidak ada perangkat lunak yang dapat dibuka dan bekerja dengannya secara langsung, atau tidak ada informasi yang tersedia di sumber publik tentang membuka jenis file ini. Ini biasanya merupakan kasus beberapa file data internal, cache, file sementara dll.
2. Cara Mengonversi:
Sejauh yang saya tahu, ini. Jenis file 52 tidak dapat dikonversi ke format file lainnya. Ini biasanya merupakan kasus file sistem, konfigurasi, sementara, atau data yang berisi data eksklusif hanya untuk satu perangkat lunak dan digunakan untuk tujuannya sendiri. Juga beberapa format file tertutup atau kepemilikan tidak dapat dikonversi ke tipe file yang lebih umum untuk melindungi kekayaan intelektual pengembang, yang merupakan contoh dari beberapa file multimedia yang dilindungi DRM.
3. Bagaimana Cara Mengatasi File .52 ini?
Kaitkan ekstensi file 52 dengan aplikasi yang benar. Di :
Windows:
Klik kanan pada file 52 mana pun dan kemudian klik "Open with" > "Choose another app". Sekarang pilih program lain dan centang kotak "Always use this app to open *.52 files".
Mac:
Klik kanan (atau Ctrl-klik) file 52, lalu klik "Open with" > "Other...". Kemudian pilih program lain dan centang kotak "Always Open With".
Linux:
Klik kanan pada file tersebut, dan pilih "Open with" dan pilih program lain.
iPhone:
Ketuk file tersebut. Jika Anda tidak melihat aplikasi untuk membuka file, lalu ketuk Bagikan "Bagikan" dan pilih aplikasi. Atau, simpan file. Kemudian buka aplikasi File aplikasi File. Ada tekan lama pada file, lalu lepaskan jari Anda. Anda akan melihat bilah menu hitam. Lalu ketuk "Bagikan" dan pilih aplikasi.
Android:
Ketuk ikon Pengaturan pada ponsel cerdas Anda, lalu ketuk bagian Aplikasi. Ketuk ikon Opsi di sudut kanan atas layar untuk mengubah aplikasi default.

Perbarui perangkat lunak Anda yang seharusnya benar-benar membuka 52 adalah data versi Creo Elements / Pro.. Karena hanya versi saat ini yang mendukung format file 52 terbaru. Untuk memastikan bahwa file 52 Anda tidak rusak atau terinfeksi virus, dapatkan kembali file tersebut dan pindai dengan perangkat lunak antivirus.

Tambahan dari saya, selain dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Ada cara lain yang lebih sederhana dan sudah saya lakukan untuk mengatasi masalah file error ini, yaitu menghapus extensi .52 yang ada dibelakang dengan me"rename" filenya.
Di komputer caranya dengan klik kanan file tersebut lalu pilih rename.


Setelah itu hapus extensi (.52) file tersebut senggga menjadi namafileaanda.jpg saja lalu  tekan enter.


Akan muncul kotak dialog konfirmasi perubahan format file, klik ok.


Dan kini file anda sudah berubah menjadi file dengan format gambar pada umumnya.

Di android atau handphone anda bisa cari file tersebut lewat file manager atau aplikasi sejenisnya.

Jika telah ditemukan, klik file dengan sedikit lama sampai muncul checklist biru di sisi kanan file. Lalu pilih lainnya (...)


Setelah itu pilih ganti nama.


Jika sudah, selanjutnya hapus extensi file (.52) sehingga menjadi namafile.jpg saja dan tekan ok
Akan muncul dialog konfirmasi untuk perubahan jenis format file, tekan ok.

Dan selsai, kini file anda kembali ke bentuk format gambar pada umumnya dan bisa anda buka serta edit dengan memakai bermacam jenis aplikasi galeri atau edit foto.

Demikian lah cara mengatasi file error yang sedang anda alami, semoga artikel ini dapat memberi solusi bagi anda. Apabila terjadi kendala, silahkan ditanyakan di komentar atau bisa dengan mengirim email dibawah.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka File Foto Yang Error Saat Dikirim Lewat Whatsapp."